Sejarah Kekaisaran Mongolia Terbesar Sepanjang Sejarah

Sejarah Kekaisaran Mongolia Terbesar Sepanjang Sejarah

Kekaisaran Mongolia ialah kekaisaran ke dua terbesar dalam peristiwa dunia, hanya diungguli luasnya oleh Imperium Britania, menguasai tidak cukup lebih 33 juta km² pada puncak kejayaannya, bareng dengan estimasi masyarakat situs slot online terbaru CERIASLOT sejumlah di atas 100 juta orang dan menjadi yang sangat kuat di pada semua kekaisaran abad pertengahan.

Sejarah Kekaisaran Mongolia Terbesar Sepanjang Sejarah

Asal mula

Kekaisaran Mongolia didirikan oleh Jenghis Khan pada tahun 1206 setelah mempersatukan Suku-suku Mongolia yang waktu tersebut sering berselisih di pada sesama dan mengawali tidak sedikit penaklukan di semua benua Eurasia yang di awali bareng dengan penaklukan Dinasti Xia Barat di Cina Utara dan Kerajaan Khawarezmia dalam cerita kerajaan di eropa dan juga di Persia. Pada puncaknya, Kekaisaran Mongolia menguasai beberapa satu} besar distrik Asia Tenggara ke Eropa tengah. Selama keberadaannya, Mongolia jalankan pertukaran kebiasaan pada Timur, Barat dan Timur Tengah tidak cukup lebih abad ke-13 dan 14.

Kekaisaran Mongolia dipimpin oleh Khagan (Khan Agung keturunan Jenghis Khan) secara turun-temurun. Sesudah kematian Jenghis Khan, Kekaisaran Mongolia pada dasarnya terbagi menjadi empat anggota yaitu; Dinasti Yuan (Cina), Ilkhanate (Persia), Kekhanan Chagatai (Asia Tengah), dan Golden Horde (Rusia). Semua distrik jatah tersebut dipimpin oleh keturunan Jenghis Khan.

Khan-Khan Asia Tengah dan Asia Barat

Sementara itu, semua pemimpin distrik atau kerajaan bawahan Khan-Khan Agung Mongol memerintah bareng dengan lumayan bebas, beberapa satu} yang populer pada beda adalah :

  • 1227-1241 Chagatai Khan; anak Jenghis Khan, yurt atau distrik kekuasaannya mencakup Transoxania hingga Turkestan Timur, pun pula Gunung T’ien Shan.
  • 1226-1280 Orda Khan; anak Jochi, putra sulung Jenghis Khan dan pendiri Kekhanan Gerombolan Putih.
  • 1227-1255 Batu Khan; saudara Orda Khan dan pendiri Kekhanan Gerombolan Biru.
  • 1256-1265 Hulagu Khan; saudara Möngke Khan dan Kublai Khan, dan pun penguasa Il-Khanate (Il-Khan dengan kata lain warga atau bawahan Khan Agung).
  • Kadan Khan; salah seorang anak daripada Ogadai Khan.
  • Oghui, bukan bermarga khan.

Pada 31 Mei pasukan Mongol menjangkau kemenangan atas pasukan koalisi beberapa sat} negara Rus’ di pinggir sungai Kalchik atau Kalka di area Oblast Donetsk Modern, Ukraina yang banyak terdapat slot pragmatic bet murah. Namun masa-masa pasukan Mongol jajaki menguasai tanah Jawa dapat di kalahkan. Saat tersebut pasukan Mongol diungguli oleh Raden Wijaya yang adalahpendiri dan raja kesatu Kerajaan Majapahit.

Sejarah datangnya pasukan Mongol

Dalam buku 7 Abad Penantian (2018) karya Yati Lestari, Raden Wijaya adalah menantu Kertanegara yang merupakan raja Kerajaan Singasari. Kerajaan Singasari merupakan kerajaan terkuat yang ada di Jawa kala itu dan mencuri perhatian salah satu Dinasti Yuan berasal dari China. Waktu itu penguasanya adalah Kubilai Khan Pada kala itu Kubilai Khan mengirim utusannya untuk menarik upeti Kerajaan Singasari terhadap 1289. Sudah {beberapa|sebagian|lebih berasal dari satu} kali Kubilai Khan mengirim utusan ke Jawa, yakni terhadap 1280, 1281, dan 1286.