Ambisi Besar Kerajaan Dunia

Ambisi Besar Kerajaan Dunia

Ambisi Besar Kerajaan Dunia – Manusia merupakan makhluk yang unik dan spesial karena tidak ada makhluk hidup apapun di dunia yang bisa mengejar perkembangan kita. Zaman dulu kala sebelum mengenal istilah parlementer, di belahan bumi manapun akrab dijumpai pemerintahan dengan sistem kerajaan. Kebanyakan kepala pemerintah kerajaan dipimpin oleh seorang pria walau terkadang ada juga yang wanita.

Seperti kita semua ketahui, godaan pria tidak pernah jauh dari tiga ‘TA’ yaitu harta, tahta, dan wanita. Sebagai penguasa tertinggi di kerajaan, seorang raja pastinya memiliki semuanya secara berlimpah ruah. Keunikan sifat manusia yang tidak pernah puas berperan penting di sini. Sang raja pun semakin punya ambisi besar untuk meluaskan wilayah kerajaan di dunia. Kalau perlu, seluruh bumi harus takluk di bawah kendalinya.

Mewujudkan Ambisi Besar Kerajaan Dan Hampir Menaklukan Dunia

Dorongan untuk menguasai dunia semakin membesar dan bahkan mendesak sang raja karena batasan usia. Rata-rata seorang raja dilantik secara sah ketika mencapai usia masih sangat muda sekitar 20an. Jika diberi umur panjang, setidaknya raja tersebut harus menuntaskan tujuannya dalam tempo kurun waktu 50 tahun pemerintahannya. Waktu tersebut cukup singkat mengingat betapa luasnya wilayah daratan di bumi. Mari kita telusuri sepanjang sejarah terdapat beberapa kerajaan yang nyaris menaklukan dunia. Daftar yang telah kami rangkum adalah sebagai berikut ini:

1. Ambisi Besar Kerajaan Portugis

portugis

Negara yang sekarang terkenal dengan prestasinya di kancah sepakbola ternyata dulu pun berniat menguasai dunia. Portugis yang kita tahu di jaman dulu kala sangat rajin berkunjung ke Asia Tenggara. Sepak terjang kerajaan ini agak diremehkan karena sering tidak masuk hitungan sebagai sejarah penaklukan besar. Portugis justru merupakan pelopor dalam rangka ambisi menguasai dunia dengan strategi membuat koloni.

Mereka melebarkan sayapnya setelah mengawali dengan kunjungan ke Brazil, Sri Lanka, India, Jepang, hingga benua Afrika. Mozambik serta Brazil adalah contoh prestasi di mana mereka sukses membangun koloni kerajaan Portugis. Saat puncak kejayaannya, Portugis telah menguasai hampir sebagian besar rute dagang di Eropa dan Asia. Perlahan tapi pasti, Portugis semakin lemah dan mundur dalam pemerintahannya sekitaran tahun 1500 hingga seterusnya.

2. Mongol

mongols

Saat Mongol berjaya pada masanya, tidak ada yang berani mengusik bangsa besar ini. Bahkan Mongol termasuk masih longgar karena tidak terburu-buru menguasai daratan Eropa. Lebih dari 20% wilayah di bumi sudah berada di bawah pemerintahannya. China dan Polandia sudah habis seluruhnya takluk dan tunduk pada kaisar Mongol.

Prajurit Mongol juga dikenal dengan loyalitas dan ketangguhannya untuk berani mati dalam kondisi apapun. Hebatnya, kerajaan ini membudayakan demokrasi dengan membiarkan keragaman ras dan agama tumbuh subur di masa pemerintahannya. Namun kerajaan Mongol pun harus runtuh karena sulitnya menjaga kontrol di wilayah berkontur agresif yang tidak beraturan.

3. Ottoman

ottoman

Dari wilayah Turki muncullah kerajaan bernama Ottoman yang perlahan menghimpun kekuatan besar untuk menguasai dunia. Cakupan wilayah kekuasaannya mulai dari Balkan, Afrika bagian utara, dan hampir seluruh Timur Tengah.

Prestasi terbesarnya adalah betapa hebatnya pemerintah Ottoman berhasil merukunkan Balkan dan Timur Tengah akibat perbedaan budaya yang kontras. Kerajaan Ottoman juga hampir sedikit lagi meluaskan jajahannya ke Eropa kala itu sudah siap menggempur kota Vienna. Tepat sesaat sebelum diduduki, bala bantuan datang dari Polandia hingga Ottoman mengalami kekalahan telak.

4. Inggris

Ambisi Besar Kerajaan Inggris

Kerajaan Inggris sudah terkenal dalam buku sejarah termasuk dalam kurikulum pendidikan di Indonesia. Pada 1922, Inggris telah menguasai lebih dari 22% wilayah bumi beserta populasi yang terdapat di dalamnya. Setiap jalur dagang yang strategis selalu berhasil direbut oleh kerajaan ini. Kombinasi antara kekuatan pasukan daratan dipadukan dengan armada maritim membuatnya menjadi sulit dikalahkan. Inggris juga dulu rajin sekali berperang dengan negara Rusia untuk saling berebut wilayah kekuasaan.

5. Ambisi Besar Kerajaan Romawi

Ambisi Besar Kerajaan romawi

Kaisar Romawi juga berhasil mencapai puncak kekuasaan sekitar 117 Sebelum Masehi. Seperti kerajaan lainnya, Romawi juga harus puas dengan persentase penjajahan di angka 20% an saja. Wilayah kekuasaannya mirip seperti Ottoman yaitu Afrika Utara, Timur Tengah, serta Turki. Pasukan Romawi termashyur berkat kedisiplinan tingkat tinggi yang dimilikinya. Mereka juga dipersenjatai dengan berbagai alat perang yang bervariasi dan sangat piawai menggunakannya. Ambisi Besar Kerajaan – kerajaan Romawi untuk menjadi nomor satu di dunia selalu digagalkan akibat bentrok dengan Persia.

6. Persia

Ambisi Besar Kerajaan Persia

Kerajaan Persia merupakan nama yang umum dikenal khalayak ramai dalam sejarah. Tidak banyak yang mengetahui bahwa Persia memiliki nama resmi yaitu Kerajaan Achaemenid. Persia merupakan puncak prestasi tertinggi sejarah manusia dalam menaklukan dunia. Pasalnya, kerajaan ini berkembang hingga hampir separuh daratan bumi. Pada 480 Sebelum Masehi, kurang lebih terdapat 45% populasi yang tunduk di bawah pemerintahan Persia. Di akhir kejayaan, Persia selalu gagal untuk menduduki Yunani sehingga lambat laun merugi akibat durasi perang berkepanjangan.